Oleh: burahong | 10 Mei 2012

Pencarian Pesawat Sukhoi Dimulai, TNI Bangun Landasan Heli di Lokasi

Tim SAR gabungan TNI-Polri, Pecinta Alam, dan anggota Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS) mulai melakukan pencarian ke wilayah yang diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100. Untuk memudahkan pencarian, sebagian tim membangun landasan helikopter di lokasi.

Anggota dibagi dalam empat grup, mereka disebar ke berbagai lokasi untuk menemukan pesawat Sukhoi yang menghilang sejak Rabu (9/5). Tim mulai bergerak sejak pukul 04.00 WIB. Satu tim yang terdiri anggota Marinir TNI AL bertugas membuat helipad di tidak jauh dari Kawah Ratu.

“Kita sudah berangkatkan empat SRU (search rescue unit) ke empat lokasi berbeda. Salah satu SRU membuat landasan untuk helikopter,” ujar Koordinator SAR pencarian pesawat Sukhoi, Ketut Parwa, saat ditemui wartawan di pos Resort Taman Nasional Halimun Salak, Kamis (10/5/2012) pagi.

Ketut menjelaskan, jumlah personel dalam proses pencarian pada hari kedua ini juga lebih banyak dari kemarin. Dari unsur TNI-Polri, jumlah anggota yang diterjunkan dalam pencarian mencapai 1.000 personel.

“Ini belum ditambah dari anggota pecinta alam dan relawan serta masyarakat,” katanya.

Sampai saat ini, lanjut Ketut, pihaknya masih berpatokan pada titik koordinat terakhir pesawat sebelum lost contact dari ATC Bandara Halim Perdanakusuma. “Patokan masih di sekitar Kawah Ratu. Tim juga ada yang bergerak dari Bogor, tepatnya dari Pamijahan,” tutur Ketut.

Seperti diberitakan sebelumnya, pencarian pesawat Shukoi Superjet 100 yang mengangkut 48 orang termasuk awak, dipusatkan di kawasan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Tempat tersebut dipilih setelah Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk melakukan pengecekan terakhir sebelum pesawat hilang kontak pada Rabu, sekitar pukul 14.33 WIB.

Titik hilang kontak diperkirakan berada di koordinat 06 43 08 South dan 106 43 15 East atau tepatnya di Kawasan Kawah Ratu yang merupakan perbatasan antara Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor dan Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

sumber: detik.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: