Oleh: palembur | 9 November 2011

Jalan Campur Tanah Licin, Motor Berjatuhan

Sebanyak 48 sepeda motor tergelincir di jembatan Abdullah bin Nuh, Kecamatan Bogor Barat pukul 18:30 tadi malam. Saat itu wilayah Bogor diguyur hujan deras, sehingga jalan menjadi licin. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Peristiwa tersebut diduga karena kondisi jalan yang dilumuri tanah dari proyek pelebaran jalan dan pembangunan jembatan yang sama sekali tidak pernah dibersihkan. Akibatnya saat hujan turun, jalan menjadi licin dan membuat ban slip.

Nana Supriyatna (46), warga Kelurahan Bubulak Kecamatan Bogor Barat, mengatakan, sebenarnya sejak dua hari lalu warga sudah meminta kepada tiga perusahaan, yakni, PT Baita Sari, PT Bumi Duta Persada, PT 3M dan KSO segera membersihkan gundukan tanah yang berada di tengah jalan. Tetapi sama sekali tidak diindahkan.

“Kami sudah meminta kepada para pekerja, tapi mereka diam saja. Alasannya belum ada perintah dari atasan. Untungnya tak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Dalam kesempatan berbeda, salah satu korban luka ringan, Rahmat Mulyana (48) asal Leuwiliang menegaskan, seharusnya kontraktor lebih memperhatikan keselamatan pengendara. Misalnya dengan membersihkan jalanan dari gundukan tanah.

“Padahal sudah pelan-pelan, tetapi saya tetap saja jatuh. Mestinya mereka melihat situasi dong, ini kan membahayakan keselamatan orang banyak. Siapa yang mau tanggung jawab kalau ada yang tewas,” tutur Rahmat sambil merintih kesakitan.

Menanggapi hal tersebut, Wakapolsekta Bogor Barat, AKP Gatot Susanta menegaskan, masyarakat yang mengalami kecelakaan dan kerugian akibat peristiwa tersebut bisa segera melaporkan ke Polsekta Bogor Barat. Sebab, menurut peraturan, pengusaha jasa konstruksi wajib membersihkan roda kendaraan dari tanah yang menempel serta menjaga jalanan agar tetap bersih.

Pengusaha juga bertanggung jawab apabila ada pengendara yang menjadi korban.

“Bagi warga yang merasa dirugikan, silakan lapor ke sini (Polsek Bogor Barat, red). Sebab undang-undangnya sudah ada. Kalau ada laporan kami akan segera memproses kasus tersebut, agar pihak kontraktor bertanggung jawab,” pungkasnya.(fdy)

foto dan berita : radar-bogor.co.id

bobaronline.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: