Oleh: burahong | 17 April 2009

Melihat Persiapan Desa Ciherang Mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten (1)

Partisipasi Warga Cukup Baik, Mudahkan Kades Mengkoordinir
Lomba desa bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kinerja kepala desa memberdayakan daerahnya. Ini mendorong Kepala Desa Ciherang Suherwin untuk membuktikan daerahnya menjadi juara pada lomba ini. Bagaimana mewujudkannya?

TIGA bulan menjabat sebagai Kepala Desa Ciherang Kecamatan Dramaga Suherwin mampu menunjukkan perubahan bagi desanya. Setelah mengikuti seleksi tingkat kecamatan, nama Desa Ciherang muncul untuk mewakili Kecamatan Dramaga pada lomba desa tingkat Kabupaten Bogor.

Suherwin pun tak menyangka desanya terpilih sebagai wakil, apalagi dirinya baru tiga bulan menjabat sebagai kades yang harus menyesuaikan diri sebelum membenahi wilayah kerjanya.

Meski begitu, ia tetap bangga. Apalagi, beberapa desa dianggap cukup bagus dan layak untuk mewakili Kecamatan Dramaga di tingkat kabupaten. Tapi, penilai dari kecamatan berkata lain, desa Ciherang justru mendapat penilaian memiliki potensi pertanian cukup besar hingga berhak mewakili Kecamatan Dramaga.

Rasa penasaran pun timbul. Pertanyaan kerap terlontar dari beberapa warga desa lainnnya. ‘’Kok bisa kades yang baru tiga bulan menjabat, bisa menjadikan daerahnya sebagai wakil kecamatan,’’ kata salah satu warga.

Akhirnya, pertanyaan tersebut terjawab saat Suherwin mengekspos daerahnya saat penilaian di hadapan tim penilai Kabupaten Bogor.

Ternyata, kinerja kades bukan hanya dilihat dari keberhasilannya membawa perubahan dan pembangunan yang cepat. Tapi, sejauhmana partisipasi masyarakatnya terlibat dalam pembangunan daerahnya.

Sedangkan di Ciherang, partisipasi warga cukup baik. Ini diakui Ketua Tim Penilai yang juga menjabat sebagai Kasubag Program Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor Suratmi.

Menurut dia, partisipasi warga Desa Ciherang sangat baik. Di antaranya mempersiapkan lomba desa ini. Partisipasi ini terlihat sejauhmana warga ikut menjaga kebersihan lingkungan, memajukan posyandu dan kesejahteraan daerahnya.

“Saya lihat partisipasi warga cukup baik dan begitu besar. Tapi, ini masih dalam penilaian dan belum dikatakan berhasil,” ujarnya.(*)
(Diky Wahyudi) radar-bogor.co.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: