Oleh: adul | 6 Agustus 2008

Petani Pamijahan Dapat Modal Panen

PAMIJAHAN – Petani Kecamatan Pamijahan yang dikenal sebagai salah satu lumbung padi Kabupaten Bogor mendapat angin segar. Itu setelah pemerintah meluncurkan program Usulan Agribisnis Pedesaan (PUAD).

Program PUAD merupakan salah satu program untuk membantu para petani mendapatkan dana perguliran bagi mereka yang akan melakukan panen.

“Ini program pemerintah untuk membantu meningkatkan pertanian dan kesejahteraan petani di berbagai daerah. Karena, setiap kali mau melakukan panen, mereka membutuhkan dana dan selalu meminjam kepada bank keliling (rentenir, red),” ujar Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Pamijahan, Adang Wahidin, kepada Radar Bogor, kemarin.

Ia menjelaskan, program yang akan dilaksanakan 2008 ini berasal dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang diprioritaskan bagi pertanian. Program ini akan diberikan kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan harus tumbuh menjadi bank desa.

Di Pamijahan sendiri, terangnya, baru lima desa yang akan mendapatkan program PUAD, antara lain Desa Gunungpicung, Desa Cibitung Wetan, Desa Cibitung Kulon, Desa Gunungbunder I dan Desa Gunungbunder II dan 14 sekolah lapang. Di mana setiap desa terdapat satu Gapoktan dengan anggaran masing-masing sebesar Rp100 juta.

“Saat ini dana tersebut belum cair dan masih tahap Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) di tingkat kabupaten,” tuturnya.

Adang optimis program ini akan berhasil, bercermin pada keberhasilan program PNPM, terutama dana perguliran yang berhasil 100 persen di Kecamatan Pamijahan. Namun, ia tetap mengimbau kepada Gapoktan yang akan mendapatkan program PUAD untuk melakukan pengelolaan yang baik.

“Saya berharap, dengan adanya program ini bisa meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat petani dan mudah untuk mendapatkan modal,” pungkas Adang.(dkw)

sumber : radar-bogor.co.id


Responses

  1. buat temen-temen ataupejabat terkait bisa tidak memberi info tentang program ini? saya mau tanya apakah program ini termasuk dana yang telah dianggarkan PNPM (BLM) atau dana tersendiri trims
    armic


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: