Oleh: adul | 6 Agustus 2008

Dua Desa Terancam Kekeringan (Puluhan Hektare Lahan Pertanian Gagal Panen)

PAMIJAHAN – Kemarau berkepanjangan di Kecamatan Pamijahan mengancam gagal panen puluhan hektare lahan pertanian. Hujan yang tak kunjung turun mengakibatkan volume air yang biasa digunakan untuk mengairi sawah mulai berkurang. Terlebih lagi, Desa Gunung Bunder I dan Desa Gunung Picung berada jauh dari sumber air, berbeda dengan desa lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Pamijahan, Adang Wahidin, kepada Radar Bogor, kemarin. Menurutnya, ada dua desa terancam kekeringan karena sumber air yang biasa digunakan untuk mengairi lahan sangat kecil.

“Jika tidak hujan, dua desa akan mengalami kekeringan dan akan menunda jadwal tanam mereka,” ujarnya.

Dia mengatakan, di dua desa tersebut ada sekitar 20 hektare lahan pertanian yang biasa ditanami padi, yang membutuhkan sekitar lima liter per detik air untuk mengairi satu hektare lahan pertanian.

Meskipun begitu, tambahnya, tidak semua lahan pertanian di Pamijahan terancam kekeringan. Yang terancam hanyalah daerah yang jauh dari sumber air, seperti Desa Gunungbunder I dan Desa Gunung Picung. “Selain itu, faktor lainnya adalah rusaknya dua bendungan, yaitu bendungan Solihun dan bendungan Cigede,” ungkapnya. Padahal, kedua bendungan ini sangat diperlukan untuk mengairi lahan pertanian di seluruh desa, tambahnya.

Untuk mengantisipasi kekeringan dan kosongnya lahan, Adang mengimbau kepada para petani untuk mengalihkan atau mengganti lahan pertaniannya dengan tanaman palawija. Karena, tanaman ini memerlukan hanya air sedikit.

“Petani harus bisa mengganti tanamannya dengan palawija, khususnya bagi daerah yang jauh dari sumber air. Hal ini untuk mencegah kekosongan lahan selama musim kemarau,” tandasnya.(dkw)

sumber : radar-bogor.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: