Oleh: adul | 25 Juli 2008

Melihat Aktifitas SMP Terbuka Gratis TKBM Al-Furqon di Cihideungilir (1)

Upaya Memberantas Angka Putus Sekolah

Tingginya biaya pendidikan, memberi dorongan kepala desa Cihideungilir Kecamatan Ciampea Atang Suryadimulya untuk membuat sekolah gratis. Terlebih lagi, angka putus sekolah didaerah tersebut cukup tinggi. Bagaimana aktifitas belajar mengajar SMP terbuka gratis?

Tahun ajaran baru sudah dimulai, suasana kantor desa Cihideungilir berbeda dari hari biasanya. Tetap pukul 07:00 WIB, puluhan anak usia sekolah tingkat pertama dengan menggunakan seragam putih biru berkumpul dihalaman kantor desa.

Kedatangan mereka bukan untuk melakukan aksi demo atau protes terhadap pemerintah desa, tetapi mereka bersiap untuk memulai proses belajar mengajar di SMP terbuka gratis TKBM Al-Furqon Berlokasi di Taman Dramaga Permai. Sekolah ini memang baru di buka, dan diperuntukan bagi warga tidak mampu.

Mereka (siswa,red) pun, dibebaskan dari biaya sekolah. Ide membuat sekolah gratis ini muncul dari benak Atang. Awalnya, ia merasa prihatin dengan perkembangan pendidikan didaerahnya. terlebih lagi, jumlah anak putus sekolah mencapai 50 persen dari jumlah anak yang berada di daerah tersebut. Kebanyakan, dari mereka hanya mengenyam pendidikan di tingkat dasar.

“Saya sangat khawatir dengan kondisi seperti ini. Untuk itu, saya memiliki ide untuk membuat sekolah gratis bagi mereka yang tidak mampu,” ujarnya.

Selain faktor ekonomi, jarak sekolah yang cukup jauh menjadi alasan kenapa mereka lebih memilih tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tingggi. Karena, mereka berasumsi, dengan meyekolahkan anak ke sekolah yang jaraknya lebih jauh, harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk biaya transportasi.

“Mereka sebenarnya sanggup untuk membayar biaya pendidikan, tetapi mereka tidak sanggup untuk menganggarkan biaya sehari-hari, seperti ongkos dan lainnya,” terangnya.

Lalu, seperti apa pola pendidikan disekolah tersebut? Atang menjelaskan, pola pendidikan sama halnya seperti sekolah umum lainnya. Namun yang membedakan, para siswa dibebaskan dari biaya pendidikan.

Keberadaan sekolah ini ternyata mendapat respon yang baik dari masyarakat sekitar. Buktinya, awal pembukaan, sekolah ini sudah menerima 45 orang siswa untuk diberikan pendidikan yang layak dengan dua kelas dan dua orang guru tetap yang akan memberikan ilmunya kepada para siswa-siswa tersebut.(*)

(Diky Wahyudi) radar-bogor.co.id


Responses

  1. CD PENDIDIKAN INTERAKTIF LENGKAP!
    BELAJAR MENJADI TIDAK MEMBOSANKAN

    DAPATKAN VOUCHER DISKON 15% UNTUK BELANJA ONLINE DI
    http://WWW.BAMBOOMEDIA.NET
    BAMBOOMEDIA.NET

    GUNAKAN KODE VOUCHER :
    668090

  2. ada di mana tuh CD pendidikan Interaktif lengkapi belajar menjadi tidak membosankan?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: