Oleh: adul | 22 Juli 2008

Puluhan Angkot Bandel Dirazia (Banyak KIR yang sudah mati)

CIBUNGBULANG – Puluhan Supir Angkot di jalan Raya Galuga-Cibungbulang  nampak kikuk saat dirazia oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor. Berbagai alasan muncul dari bibir puluhan supir angkot, mulai dari  lupa, tertinggalnya surat-surat, hingga  belum sempat memperpanjang surat-surat.

Dari hasil Razia, petugas menilang puluhan angkot trayek 11 jurusan Leuwiliang-Bubulak, dan angkot 05C jurusan Jasinga-Bubulak. Adapun mereka (sopir-red) yang tertangkap umumnya tidak bisa menunjukan kelengkapan surat-surat, disamping banyaknya trayek angkutan yang sudah mati.

”Saya lupa pak. Mungkin baru besok memperpanjang KIR, dan ini pun bukan saya yang punya tapi kakak saya,” alasan Nedi (35) sopir asal Cibuntu Kebon Jeruk, kepada Radar Bogor, kemarin (22/7).

Sementara itu Penanggung Jawab Operasi Haril Darwis mengatakan,  operasi yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirjen Dishub, yang ditindak lanjuti oleh provinsi hingga Dishub  Kabupaten Bogor, dengan surat perintah Nomor 551.1/990/Bidang IV. ” Adapun operasi yang digelar guna memeriksa surat kelayakan kendaraan angkutan umum, salah satunya kewajiban ulang KIR bila sudah mati,” jelasnya.

Menurut dia, pasca kenaikan BBM hingga pertengahan Juli, pihaknya belum memeriksa kelayakan angkutan umum. Sebab, dari catatan izin masih banyak angkot yang  KIR nya sudah lewat batas. ”Untuk itulah sejak tanggal 21 hingga 25 Juli, operasi ini akan terus digelar guna menertibkan angkot,” katanya.

Mengacu dari surat edaran dan surat perintah, Dishub memeriksa  perijinan angkutan umum yang dilakukan setiap hari, dengan pembagian dua kelompok untuk menertibkan para angkot. ” Biasanya kalau sudah terkena tilang ini, para sopir atau pemilik kendaraan akan secepat mungkin mengurus kelengkapan angkot,” tandasnya (rev) radar-bogor.co.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: