Oleh: adul | 16 Juli 2008

Soto Bogor Bikin Lidah Bergoyang

OLEH: AGUS SALAM
Siapa yang tidak kenal soto Bogor? Makanan khas kabupaten Bogor Jawa Barat ini sudah menjadi makanan yang sangat terkenal. Jika berkunjung ke kota hujan tersebut, banyak tempat untuk menikmati kelezatan soto Bogor atau soto kuning yang ada di Bogor. Walaupun hanya beratapkan terpal atau duduk di pinggir jalan, rasanya tetap ‘raos’ (enak) dan membuat lidah bergoyang.
Kota Bogor ternyata bukan hanya dikenal dengan Kebun Raya atau puncaknya saja tetapi kini Bogor juga dikenal sebagai kota yang kaya jajanan kuliner. Bukan hanya di siang hari, di malam hari pun beragam jajanan mulai dari kaki lima hingga restoran menawarkan beragam makanan yang sangat variatif. Mulai dari asinan, taoge goreng, roti unyil, soto Bogor, hingga restoran khas Sunda yang tersohor enak.
Sebenarnya soto banyak dijumpai di Jakarta tetapi jika berkunjung ke kota hujan ini, rasanya kurang puas jika tidak mencicipi soto Bogor. Hampir di tiap deretan pedagang kaki lima di sepanjang jalan terutama di jalan Pajajaran banyak yang menjajakan soto Bogor.
Uniknya para pembeli dapat memilih sendiri isi soto tersebut seperti paru, babat, lidah, dan jeroan yang juga berwarna kuning karena direbus dengan kuah yang sama. Warna kuning soto itu sendiri sebenarnya berasal dari kunyit dan kentalnya berasal dari santan. Daging dan jeroan lalu dipotong-potong, ditaruh dalam mangkuk dan diberi daun seledri, bawang goreng dan disiram kuah kuning yang mengepul panas. ‘’Aroma gurih santan dan rempah langsung menusuk hidung. Sekali meghirup kuah soto Bogor yang gurih dan segar, bikin perut lapar,’’ kata Iwan seorang pembeli yang doyan soto Bogor ini.
Soto Bogor memang mirip seperti soto Betawi, isi sotonya bisa jeroan, bisa daging sapi, bisa dipilih sendiri potongan dagingnya yang kemudian akan dibumbui kecap, merica, daun bawang dan kemudian disiram kuah kuning terbuat dari santan yang telah diberi kaldu, dan dimakan sama nasi, sambal cabai hijau, dan emping. Anehnya, setiap hari soto Bogor yang dijual di sepanjang jalan selalu ludes dibeli konsumen, meski lokasinya cuma di emper-emper jalan.


Responses

  1. Saya tinggal di Tg. Priok – Jakarta Utara, mungkin ada yg bisa kasih informasi ttg lokasi terdekat untuk makan Soto Bogor..??

    Terima kasih.
    Salam
    Rois M

  2. Ada ya di Kota Bogor…..hehehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: