Oleh: adul | 10 Juli 2008

Pembangunan SDN Jasinga 04 Berkat Bantuan dari Belanda (1)

Fasilitas Lebih Lengkap, Mirip Perguruan Tinggi

Pendidikan merupakan salah satu indikator dalam peningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat(IPM) di berbagai daerah. Begitu pun di Kecamatan Jasinga. Namun, masyarakat disana, belum sepenuhnya bisa merasakan pendidikan yang baik dan berkuaitas. Terlebih lagi sarana dan prasarana yang dimiliki belum memadai.

Meskipun kegiatan belajar mengajar (KBM) di beberapa sekolah diliburkan, namun, puluhan siswa berseragam batik berwarna merah dengan bawahan putih berkumpul di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jasinga 04.

Mereka tengah asyik bermain seluncuran dan ayunan yang disediakan di sekolah itu. Fasilitas ini memang berbeda dengan sekolah SD lainnya, karena fasilitas seperti ini hanya tersedia di sekolah Taman Kanak-kanak (TK) atau PAUD. Begitupun dengan di sekolah yang berada di Desa Pamagersari ini. Sebelumnya, sekolah tersebut tidak memiliki fasilitas memadai. Bahkan, lapangan dan lokal belajar pun tidak seperti sekarang ini.

Namun, ada satu yang menjadi perhatian siswa. Sekolah tersebut mendapat kunjungan warga Belanda. Mereka pun bertanya-tanya, apa yang membawa warga asing tersebut datang sekolah yang sebelumnya rusak parah itu?

Ternyata, mereka datang untuk meresmikan sekolah tersebut. Maklum, sekolah itu dibangun atas bantuan yang diberikan Yayasan Jasinga asal Belanda dan donatur setempat.

Memang, Yayasan Jasinga memberikan bantuannya untuk memberikan fasilitas dan memperbaiki gedung sekolah yang hampir enam tahun rusa. Akibat kerusakan itu, aktifitas KBM di sekolah tersebut sempat terganggu.

Melihat kekhawatiran itulah, ketua yayasan Jasinga Els Geerts, berinisiatif memberikan bantuannya dengan memperbaiki gedung dan menambah beberapa ruang serta fasilitas sekolah yang belum dimiliki.

“Kami melihat, mereka (siswa,red) berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu, dengan gedung sekolah yang aman dan nyaman,” ujar Els.

Sekarang, sekolah tersebut memiliki fasilitas yang  lengkap. Dengan anggaran sekitar Rp900 juta, sekolah sudah memiliki fasilitas yang berbeda dengan sekolah lainnya yang ada di kecamatan Jasinga. Fasilitas tersebut antara lain,  enam lokal belajar, ruang laboratorium komputer dengan dilengkapi komputer sebanyak 10 unit, musala, perpustakaan dan lima WC.

“Dengan fasilitas yang dimiliki SDN Jasinga 04, sekolah ini lebih mirip dengan perguruan tinggi. Dan ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan pendidikan di Kecamatan Jasinga,” ujar Camat Jasinga Pandji Ksatriadi yang ikut serta dalam peresmian itu.(*)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: