Oleh: adul | 13 Mei 2008

TEMPAT WISATA CURUG LUHUR

Kurang lebih 1 – 2km ke arah Timur dari Curug Nangka terdapat satu buah air terjun yang cukup terkenal di wilayah Kab. Bogor dengan nama Curug Luhur. Lokasi Curug Luhur ini terletak persis disamping jalan raya kawasan Bogor – Gunung Salak Endah, sehingga untuk bertandang kelokasi ini, bisa menggunakan angkutan umum dan mungkin hal ini pulalah yang menyebabkan Curug Luhur cenderung ramai dikunjungi wisatawan.
Perjalanan dari areal parkir menuju lokasi curug sangatlah mudah dan telah dibuatkan dalam bentuk undakan semen yang menurun hingga ke lokasi. Praktis banyak wisatawan dalam berbagai usia mendatangi curug ini, mengingat tidak diperlukan stamina yang cukup besar untuk mencapai lokasi wisata. Berbagai bangunan nampaknya sedang dibangun guna mendukung sarana dan prasarana, suatu hal yang menunjukkan tingkat kepedulian yang cukup tinggi dalam upaya pengembangan curug ini. Namun nampaknya areal perkemahan tidak tersedia disini, mengingat area terbuka dan datar yang ada sepertinya kurang cukup luas.
Mendekati lokasi utama Curug Luhur terdapat sederet limpahan air yang mengalir secara deras pada dinding tanah dengan ketinggian kurang lebih 2 meter. Limpahan air ini mirip air terjun mini yang bisa digunakan pengunjung untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan. Air terjun mini tersebut ditampung pada sebuah parit kecil yang akhirnya akan menyatu dengan limpahan air Curug Luhur pada sungai yang ada di bagian tengah bawah area.
Curug Luhur, seperti halnya Curug Nangka memiliki dua buah air terjun utama, bedanya bila di Curug Nangka letaknya terpisah, sedangkan di Curug Luhur letaknya sejajar. Air yang melimpah di Curug Luhur ini pun cukup deras, meskipun musim kemarau belum berakhir saat penulis mengunjungi lokasi wisata ini. Konon, sebenarnya cuman ada satu air terjun di kawasan ini, namun penduduk setempat membuat cabang baru pada aliran sungai dan membelokkannya sehingga tercipta air terjun baru. Dikarenakan letak air terjun yang baru itu sedikit lebih tinggi, maka air yang mengalirpun tidaklah sederas air terjun utama, namun demikian telah mampu memberikan panorama tambahan yang menarik pada objek wisata ini.
Bila ingin menimati curug namun enggan diterpa sinar matahari, disekitar curug juga terdapat tempat-tempat berteduh . Umumnya tempat-tempat semacam ini didominasi oleh pasangan muda-mudi yang sedang dilanda asmara untuk berbagai cerita dan janji
Terkadang tak jarang pula para pengunjung menceburkan diri ke kolam yang cukup besar yang terletak dibawah curug tersebut untuk sekedar berendam membasahi tubuh atau berenang-renang kecil antar tepian kolam. Dilokasi ini banyak terdapat kolam buatan yang airnya sengaja dibuat melimpah ruah, sehingga bunyi derasnya aliran air yang mengalir dan akhirnya menyatu kesebuah sungai sangatlah dominan mewarnai objek wisata Curug Luhur.


Responses

  1. Mau tanya, rute sekaligus angkutan dari Jakarta ke curu luhur apa ya? Mohon infonya…kirim ke emailku aja.

    • dari baranang siang naik angkot ke BTM trs naek mobil FATEN trn di curug luhur

  2. Gampang mas,, tinggal jalan

  3. ngesot jg bisa,..

  4. okee kamu cukup dengan naik kuda saja dah sampai di curug itu lalu kamu mandi dehh segarrrr

  5. mau tanya kalau naik kendaran umum dari jakarata ke curug luhur itu naik apa yah dan jangan lupa kira2 angkotnya berapa?thx ….di tunggu infonya ke email ku

  6. Kalo ke Curug Luhur ada dua Jalan mas:
    1. Lewat Ciapus
    2. Lewat Cinangneng

    1. Lewat Ciapus
    Naik Mobil Bis dari UKI Kalo ongkosnya gak sampe 10 rebuan lupa mas…hihihi—>turun di Baranang siang–> Trus naik mobil (gak tau jurusannya..hihi udah dekat, jalan kaki juga gpp ke Pasar Bogor nah di situ tanyain mobil yang ke Curug Luhur (biasanya tulisannya Ciapus Ramayana tapi yang khusus ke Curug Luhur…mobil ini juga melewati Curug nangka) udah deh nyampe, kalo ongkos kalo gak salah 5 rebuan tapi tanya aja…supirnya jujur koq…hihih….. Ato bilang tuh ada supir yang kenal namanya Nanang…heheehehehe sodara gw.
    Ato bisa juga naek kereta turun di Stasiun Bogor, nah di situ naek mobil yang Jurusan Sukasari-Bubulak (ingat yang arah ke Sukasari…kalo di stasiun langsung pas keluar ada mobilnya) ongkos 2.000 perak ato 1.500 kali kalo turun, nah minta turun di Mobil yang ke Ciapus…bilang mau ke Curug Luhur……nah lanjutin deh mobil yang tadi.

    2. Lewat Cinangneng (ongkos lebih mahal neh kalo ini lewat kampung gw) dari baranangsiang ato dari Stasiun Bogor naik mobil yang ke Bubulak (tapi bilangnya, ” bang ke laladong gak?” kalo gak ke laladon jangan naik…sebab mobil nanti yang kita mau naikin lagi ada di laladon, ongkos kalo dari terminal Baranang siang 2500 perak….kalo dari stasion kalo gak salah 1500. nah dari laladon naik mobil yang jurusan ke Tenjolaya..bilang aja di terminal laladon mobil TUMARITIS……nah ongkosnya di situ sampai ke atas (bukan tenjolaya, tapi atasnya lagi…sampai ada mobil yang jurusan Ramayana-Ciapus..) dari situ terserah mo jalankaki ato mo naik mobil lagi juga…..udahdekat sekitar 1 km ke curug luhur……

  7. thanks mas atas infonya,,,,,,rencananya minggu tgl 1 maret 09 saya dan teman2 akan segera meluncur kesana………
    ntar klo ada info tempat wisata2 yang enak kasih info lagi yah………hehehehehe
    Klo ada info wisata kuliner juga bisa di post dong mas……..

  8. tolong minta nomor telp.curug luhurnya ada enggak kalo ada tolong kirim e-mail ke alamat daafa_2006@yahoo.com

  9. Kalo no Htlp curug luhur gak tau udah ada apa belum tuh….hehhehe
    Coba tanyain Embun Santana, nah dia orang sana

  10. urang ge hente yahooo pan geus lila tara ka bgr kekekekkekek

  11. Waktu itu, Sekitar Bulan Agst 08, gw ma Tmen2 Kemping ke Crug Luhur,.. Tmpt’nya Mank Asyik Bgt, udh gtu gw kn plg suka ma suasana’nya yg adem… Tp Koq Yg Kemping Koq Dkit bgt Yeh??? Banyakn Yg pd rekreasi duank… Ap gw slah Dri’in Tenda(Bkn t4 Areal Perkemaan’ny)…???? Niat’ny Tgl 9Mei Besok mo Ksna Lg Ma tmen2 SMA abs dy pd pnasaran ma Curug Luhur,… Pko’e tgl 9-11 Mei 09 CURUG LUHUR I’AM COMINGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG….

  12. EMang kalo curug luhur itu kan tempat wisata, kalo kemping bisa di situ juga tapi jarang karena udah ada penginapan. Tempat yang lain banyak koq seperti bedeng (sekarang dikenal dengan kawasan Gunung Salak Endah)

  13. Owh… Gtu ye…
    Btw, tau gak tmpt Kmping yg enk & Rame Pngunjng’ny d’daerh Bgor dmna???

    btw, kta’e SUKAMANTRI enk ye..???
    Klo dr Stsiun Bgor Naek Ap???

    Regards
    Adam

  14. Gunung Salak Endah rame bos……

    Hehehe….dekat Nabi Palsu tuh yang dulu di obrak abrik…hihihi…..tapi tempat wisatanya enak….rame terus…..dari curug luhur kesana lagi…tenjolaya jagapati lewat terus sampai pasirreungit trus lagi….hihi….enak naek motor
    kalo naek kendaraan dari Cibatok mas……

  15. bos, klo kemping ke Sukamantri enak ap ga sih..???

    Tau hrga tiket kemping’nya g???
    dr St. bgor naek ap ye???
    Rame ap ga…??

    Thanks bgt

  16. aq mau tau dung klo naek kndaraan pribadi rutenya kemana….
    tlng infonya y….

    kirim ke email q…

    thnx b4

  17. Keliatannya asyik, tuh. Sayang gak da fotone. Soal air terjun di tempat gue juga ada, namanya AIR TERJUN SANTI. Masih sangat perawan. Cocok buat yang pengen BERCUMBU DENGAN ALAM

  18. mw tnya donxx.. klo k curug nangka, naek mtor..
    lewat mn y??

  19. Mau tanya dunt , ,
    Kalau mau ke sana naik motor dari arah ciledug , ,

    Kemana lage ah??

    Bener2 tabu banged daerah sini . . .

    Soalnya ga pernah ke Curug . .

    Tolong dibantu . .

    • jangan kesini,,
      curugnya mahal….
      banyak calo….
      kemarin w kesana 1 org di minta 50rbu
      tempat wisata apaan tuh cm bgtu ajah mahal bgt!!

  20. Tolong kirimin alamat curug luhur dong? tp yang jelas Thank’s

  21. He..he..he..kalo musim liburan gini mah biasanya curug2 yang ada penampilannya jadi pada kumel diserbu sampah pengunjung euy….! Tapi gak ada salahnya nikmatin suasana liburan rame2, kapan lagi ya gak?! Soale kalo hari biasa pan kagak ada pemandangan hiruk pikuk begetu….. : )

  22. da tkng pijat nya ga ,,,,,,tpi yang msh muda,,lw da kirim ke imail aqu,,,,,brapa thn,,,,,okey bos

  23. mantapppppppppp

  24. nantappppppppp

    • matamu mantap,,jangan
      MAHALLLLLLL

  25. Jangan mau kecurug luhur,,
    soalnya banyak calo nya,,tempatnya pun sekarang sudah kotor!!
    masa harga tiket masuk air terjun 50ribu belum lagi parkir dan sewa tempat duduk
    POKOKNYA JANGAN KESINI
    KOMERSIL>>>>…….

  26. curug Luhur…
    tolong di jaga ajj alam’a…
    coz harta tenjolaya da ditangan anda….

  27. serius 50 ribu???

    gak kurang mahal tuh

  28. mo tanya nih
    harga penginapan di curug luhur brp ya ??

  29. boz,da no yang b isa di hubungi ga?mau konfirmasi harga tiket lebaran<berapa ya?kolektif pa perorangan…..thanks

    • Rp.30.000,-.Tp jgn ke curug luhur,air terjunnya tinggal kenangan..yg ada hanya kerusakan alam oleh manusia2 rakus , lagipula sdh banyak korban luka di area tsb,tdk ada jaminan keselamatan oleh pengelola wisata, yg dipikirkan hanya uang….lebih baik anda wisata ke gunung salak endah, panoramanya masih asri..!..tak akan pernah lagi menginjakkan kaki ke curug luhur ( curug komersil )..

  30. tempat curuk luhur memang bagus sehingga untuk anak2 yang ingin melihat air terjun asli seperti apa.

  31. mau tanya kalo dari jakarta barat ke curuh luhur naek motor rutenya gimana ya?

    • Dari Jakarta barat menuju ke Parung – Dari Parung bisa lewat ciampea bisa juga lewat Bubulak.
      Dari situ ambil jalur yang ke Jembatan Cinangneng, Dari Cinangneng ke Tenjolaya, dari tenjolaya ke Curug Luhur…
      Tempat wisata disana banyak selain curug luhur juga.

  32. Mas aku mau tanya kalo dari bekasi bantar gebang ke curug nangka lewat mana ya?
    Minta alamatnya dong mas?
    Makasih:)

    • Mas klo naik motor ya:)

  33. Mas klo kesananya naik motor ya:)

  34. Kalau naik motor, dari bekasi ke bogor lewat Kebun Raya, BTM, dari BTM nanya saja ke Curug Nangka, pasti sudah pada tahu, 1 jalur Curug Cigamea, curug nangka, curung luhur, curug seribu, dll.

  35. mau tanya donk….
    kalau nomer telpon curug luhur ada gak…

    saya dari bekasi mau nanya2 dulu kalau menginap disana brapa biayanya dan semua akomodasinya…
    balas ya ….

  36. KAPOK Ke Curug LUHUR .. Ga ada pengamanan nya sama sekali .. bnr tuh yg dibilang diatas , CURUG KOMERSIL , seharusnya klo memang mau Ramai pengunjung bisa menjaga kebersihan , keamanan disekitar .. kemarin saya sekeluarga kesana , sopir saya tergelincir jatuh di pinggiran kolam , seharusnya di setiap kolam ada penjagaannya (paling tidak ada handle tangga) , di curug luhur bnr2 ga memikirkan keselamatan pengunjung!!!! kapok deh pokoknya .. pengelola curug luhur juga ga ada .. klo ada apa2 pasti ga da yg tanggung jawab dari pengelola nya ..

  37. drpada ke curug luhur mending ke curug nangka wlapun curugnya kecil tp suasananya bner2 nyaman skaligus aman, tp klw mau nyari sensasi cb ke curug seribu yg mrupakan curug pling brbahaya di bogor, treknya bner2 mnantang dijamin energi trkuras… mkanya curug ini tdk direkomendasikan buat anak2 dan orang tua khususnya ibu2… slmat mncoba guys…..!

  38. di culuk luhur ada penginapan g Ԍªƙ
    ?..klo ada brapa tarif permalamnya?

  39. ada tempat mesum’a gg.? kasih tau ya

  40. ada tempat buat hot’a gg.? kasih tau ya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: